Cara membuat file ZIP di Android sekarang ini bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi untuk mengamankan berbagai data.

Nah, ZIP sendiri pasti sudah tidak asing lagi, sebab ini merupakan suatu standar kompresi alias pemampatan data.

Akan ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari memampatkan data agar menjadi format ZIP tersebut. Namun jika Anda belum tahu bagaimana cara untuk membuatnya, maka bisa menyimak tutorial dari gurudaringmilenial.id berikut ini!

Cara Membuat File ZIP di Android Termudah dan Paling Simpel

ZIP adalah salah satu file kompres dari beberapa file, kemudian dijadikan menjadi satu tergantung dari banyaknya isi file tersebut.

Nah, dengan pemampatan data seperti ini maka ukuran data pun akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan data lebih efisien.

Jadi file ZIP ini merupakan sekumpulan file menjadi satu wadah kemudian di kompres sampai ukurannya menjadi lebih kecil.

Nantinya file itu juga bisa kita kembalikan seperti semula termasuk isi file dan ukuran tersebut dengan cara mengekstraknya saja.

Jika dulu sebelum ada perangkat smartphone, maka file ZIP ini hanya bisa berlaku melalui laptop maupun komputer saja.

Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, maka teknologi dari HP yang canggih kini bisa melakukan itu semua.

Secara mudahnya Anda dapat menaruh beberapa file dalam satu file ZIP, sehingga bisa menjadikannya lebih ringkas. Nah, berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan sendiri dengan memanfaatkan HP.

Gunakan Aplikasi RAR

Cara membuat file ZIP di Android untuk langkah yang pertama ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi bernama RAR.

Awalnya aplikasi ini hadir untuk laptop saja, namun perkembangan teknologi merubah segalanya, yang kini bisa kita gunakan untuk ponsel.

Pertama, unduh melalui Play Store dan buka aplikasinya kemudian cari folder yang isinya file untuk Anda jadikan sebagai file ZIP.

Jika sudah, Anda bisa langsung memberi centang atau ceklis untuk memilih file mana yang ingin Anda jadikan menjadi file ZIP.

Jika sudah memilih kemudian klik opsi tanda tambah (+) pada bagian sisi atas kemudian beri nama file ZIP sesuai keinginan. Kemudian klik Browse untuk memilih lokasi penyimpanannya, lalu langsung pilih ZIP saja.

Namun akan ada pilihan set password, sehingga Anda bisa memasukkan password supaya file ZIP tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Akan tetapi jika Anda tidak memerlukannya maka bisa mengabaikan saja. Terakhir tinggal klik OK. Selesai.

Tanpa Aplikasi

Cara membuat file ZIP di Android tidak hanya bisa Anda lakukan dengan aplikasi saja, melainkan tanpa aplikasi pun bisa Anda terapkan. Sehingga ini jauh lebih efisien dan praktis, bahkan akan lebih menghemat ruang penyimpanan perangkat telepon Anda.

Sayangnya fitur ini memang tidak bisa kita temukan pada semua HP, apalagi jika itu adalah ponsel keluaran lawas. Sehingga pastikan dulu apakah smartphone Anda bisa menggunakan fitur ini atau tidak.

Langkah yang pertama masuk ke file Manager di HP, kemudian cari satu atau beberapa file untuk Anda jadikan sebagai ZIP. Jika sudah, kemudian tandai lalu klik tanda titik tiga lalu pilih Mampatkan.

Anda bisa langsung menentukan nama file dan format file yang Anda inginkan,

kemudian lokasi penyimpanan file ZIP tersebut. Terakhir jika semua sudah Anda set sesuai keinginan, maka tinggal klik OK atau Simpan. Selesai.

Cara Membuka

Jangan hanya mengetahui cara membuat file ZIP di Android saja, melainkan Anda juga harus tahu bagaimana cara membukanya.

Nah, untuk bisa membuka file ZIP ini sendiri bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi tambahan.

Aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat, mengedit, membuka, hingga mengekstrak file ZIP dengan mudah. Langkah yang pertama Anda bisa mengunduh aplikasi bernama RAR melalui layanan Google Play Store.

Jika sudah terunduh dan terinstall kemudian buka aplikasinya dan secara otomatis akan langsung terlihat seluruh file pada memori internal dan eksternal.

Sedangkan untuk membuka file ZIP-nya, maka Anda bisa langsung mencarinya pada aplikasi tersebut.

Caranya adalah dengan mencari file RAR yang ingin Anda buka, maka nanti secara otomatis akan langsung terbuka dengan sendirinya. Selesai.

Bagaimana? Cara membuka dan cara membuat file ZIP di Android ini terasa sangat mudah bukan? Kini saatnya Anda untuk langsung menerapkannya sendiri.